January 25, 2008 | Author: frans
Sudah lama juga ya saya gak nulis-nulis di blog ini, abis gimana ya bingung mo nulisin apa. Karena dari hari ke hari sepertinya tidak terlalu banyak berubah. Nah mulai saat ini saya coba deh nulis lagi, lebih-lebih saat-saat saya di negeri orang. Itung-itung memberikan masukan buat orang-orang di Indonesia.

Tanggal 23 Januari 2008, merupakan hari terberat bagi hidupku. Meninggalkan Anak dan Istri untuk ke Sydney. mencoba mencari pengalaman yang baru dan juga menghabiskan sisa PRku yang tinggal 1 tahun 4 bulan lagi. Ntah masih bisa diperpanjang lagi atau tidak. Paling ngak saya harus 2 tahun tinggal di Sydney (tidak pulang pergi) sampai PR saya bisa diperpanjang lagi.

Pesawat Garuda GA 416 yang harusnya saya naiki pukul 20:00 ternyata dipercepat dengan GA 414 pukul 18:30. Ahasil berarti saya harus menunggu sekitar 2 1/2 jam di Denpasar untuk transit. Karena penerbangan Garuda Indonesia yang langsung ke Sydney tidak ada, yang ada penerbangan dari Denpasar ke Sydney. Katanya sich ada masalah teknis.
Pas masuk imigrasi di Soekarno-Hatta saya dibuat ketar-ketir oleh pernyataan bagian imigrasinya karena Pasport saya kurang dari 6 bulan masa berlakunya tepatnya 5 1/2 bulan lagi. Katanya kalo ke Australia minimal 6 bln. Jadi kalo ada apa2 dia gak tanggung. Still yakin ya saya Oke-kan saja. Tapi dalam perjalanan sempet bingung juga. Gimana ya kira-kira kalo ditolak.

Singkat cerita setelah menempuh perjalanan sekitar 9 jam berikut transit itu tadi. Akhirnya saya sampai juga di bandara KingsFord Smith (Sydney Airport) tepat waktu sekitar 08:40 waktu Sydney. Tiba saatnya saya masuk dalam pemeriksaan imigrasi, setelah dicek passportnya akhirnya saya lolos juga. Huraiii.. Sydney I am coming.... :)

Begitu keluar dari pemeriksaan Imigrasi, pengambilan barang trus ke bagian pemeriksaan barang. Tanpa proses jelimet akhirnya saya lolos dari segala macam pemeriksaan. Padahal temen saya bilang kalo pemeriksaan di bandara KingsFord itu kadang rese dan suka bongkar-bongkar tas segala. Tapi untungnya saya gak mengalami itu. Kalo ditotal-total sich paling cuma 15-20 menit juga dah selesai setelah turun dari pesawat loh.

Setelah keluar dari segala macam pemeriksaan saya dihadapkan pada 2 pilihan mo naek taxi apa train ya? Soalnya kalo naek taxi takut dikerjain. Soalnya ada temen yang bilang sopir taxi di Sydney juga kadang ngerjain orang biar bayar lebih mahal. Trus saya naek train ke arah central. Bayar 13,8$. Maunya sich ke Dulwich Hill tempat penginapan yang uda saya booking via Internet. Tapi konyolnya peta yang dia kasih tuh beda ama aslinya. Apa lagi khan saya belum paham tentang daerah-daerah di Sydney.

Pas sampe di Central Station saya naik taxi, sempat berdebat juga dengan sopir taxinya. Tapi kemudian dia kasih liat buku peta yang dia bawa bahwa Dulwich Hill itu ada di selatan bukan di city. Bagus nih sopir taxi gak macem-macem, jadi dengan 25$ akhirnya nampe juga di tempat ini.

null

Overall tempat ini cukup enak, mau naik bus cuma jalan gak lebih dari 50 meter. Kecuali kalo mau naik kereta butuh effort untuk jalan sekitar 700 meter dengan jalan yang naik turun. Oh iya perlu diketahui jalan-jalan di Sydney dan sekitarnya itu tidak lurus seperti di jakarta tapi jalanannya itu bergelombang naik dan turun. Karena iseng pengen naik kereta akhirnya saya ambil resiko untuk jalan sekitar 700 meteran itu untuk naik kereta. Cuma modal peta ama backpack berisi notebook yang selalu dibawa kemana-mana, akhirnya saya ke central station lagi.

Gak berasa waktu uda jam 12 lewat, pantesan nih perut uda minta diisi, padahal tadi di pesawat uda makan :D. Akhirnya siang itu saya coba ke Market City, di lantai 3 ada food court. Saya liat dari satu tempat ke tempat lain. Weleh-weleh harga kalo di kurs ke IDR bisa gak makan-makan karena harganya itu dari 7.5-15$ untuk untuk 1 kali makan. Bayangin 7.5 x Rp.8200 = Rp.61.500 itu bisa buat uang belanja emak gw seminggu. Ini dihabiskan gak lebih dari 20 menit. Dari satu tempat ke tempat lagi saya liatin harganya yang paling "murah" :). (Maklumlah masih shock harga). Akhirnya ditemukan tempat yang harganya lumayan miring Nasi goreng pake 1 lauk: 6$, 2 lauk: 6.8$, dan 3 lauk: 7.3$. Trus saya makan nasi goreng pake beef with pinapple. Biar murah tapi porsinya banyak banget tuh lauknya beneran deh puas porsinya. Tapi puas karena porsi tidak menjamin segalanya. Karena rasanya itu sangat tidak sesuai dengan selera Indonesia :(. Tapi karena uda terlanjur bayar dan sayang dibuang ya sudah dihabiskan saja.

Abis jalan-jalan bentar akhirnya pergi ke satu kios warnet di Cambell st, nama kiosnya D-Java. Kios di sini warnetnya lumayan murah 2$/jam (tapi tetep aja lebih mahal ketimbang jakarta yang cuma Rp.6000/jam). Tapi speednya lumayan broadband. Buat nonton TV Jakarta kaya RCTI, MetroTV, TransTV masih bisa. Di sini saya beli voucher telp untuk ke Jakarta. Nama kartunya Fantastik harganya 30$ tapi bisa pake telp untuk 2800 menitan (jadi ya sekitar 46 Jam). Kartunya kaya di bawah ini bentuknya.

null

Orang-orang di sini bener-bener kuat loh, banyak orang-orang tua yang masih juga kuat jalan, walaupun ada di antara mereka menggunakan tongkat, bagusnya itu mereka tidak malu dengan keadaan mereka, beda dengan orang-orang tua di Jakarta yang cendrung mengurung diri kalau pake tongkat. Tapi bagaimana juga ya, kalau di sydney khan orang-orangnya sangat perduli dengan orang-orang tua dan orang orang disabled. Beda dengan orang-orang kita yang kurang perduli dengan orang-orang seperti ini.

Tingkat polusinya sangat rendah bahkan kita bisa melihat laporannya di The Sydney Morning Herlad, salah satu koran yang lumayan dipandang di Sydney setiap hari. Sydney aja tingkat polusinya gak sampe 50%, gak tau deh ngitungnya gimana. Tapi yang pasti udaranya segar walaupun sudah siang bolong. Cuma ya kalo panas mah tetep aja.

Abis puas jalan-jalan ya pulang dong ke tempat penginapan di Dulwich Hill. Tidak terasa sudah hampir jam 6 sore tapi matahari masih terik, boleh dibilang masih seperti jam 3 siangnya di Jakarta mungkin karena ini masih musim panas kali ya. Trus jam 8 malam masih kaya jam 6nya Jakarta.

Cape banget nih....
Ya begitulah kondisinya disini. Sementara masih hunting-hunting kerjaan. Doain ya...

Category: General

Comments

1. Hanny
    February 10, 2008 - 18:27:17

Hei... frans, good luck there.. pasti berat saat awal meninggalkan anak istri. Tapi cia yaoo.. u can make ur dream ! :)

Leave comment

This item is closed, it's not possible to add new comments to it or to vote on it