Skip to main content.

Thursday, August 17, 2006

Seperti yang pernah saya tulis pada beberapa artikel sebelumnya, satu hal yang sangat saya sukai dari Microsoft CRM, adalah memungkinkannya kita untuk melakukan integrasi.

Integrasi yang paling mungkin dapat kita lakukan adalah

  • Database Integration
  • UI Integration
  • Other Integration

Database Integration
Database Integration di sini adalah memungkinkan kita melakukan integrasi di level database. Dimana database pada aplikasi Microsoft CRM diintegrasikan dengan database pada aplikasi kita lainnya.

Dalam integrasi database ini, ada 2 pendekatan yang mungkin bisa dilakukan; Yakni pendekatan On-Line dan pendekatan Batching.
Pendekatan On-Line adalah integrasi di level database yang perubahannya dilakukan secara online, maksudnya jika dalam aplikasi kita ada transaksi, transaksi itu akan berakibat langsung pada database di Microsoft CRM maupun sebaliknya, sedangkan Pendekatan Batch adalah integrasi di level databasenya yang perubahannya dilakukan bukan berdasarkan transaksi tetapi dilakukan berdasarkan trigger waktu. Jadi ada schedule untuk melakukan proses integrasi pada durasi waktu tertentu.

Perlu diketahui bahwa dalam integrasi di level database ini, hal yang paling legal dan memungkinkan adalah pendekatan Batching dan pendekatan ini diharapkan melalui mid-ware (aplikasi tengah) yang menggunakan SDK dari Microsoft CRM.

Integrasi secara On-Line hanya dapat dilakukan jika kita benar-benar mengerti arsitektur dan stuktur database Microsoft CRM dengan baik. Hal yang paling memungkinkan adalah pemasangan trigger pada database aplikasi kita ataupun database pada Microsoft CRM, tergantung database asal dan database tujuan. Tapi perlu diketahui bahwa integrasi seperti ini tidak disarankan dari pihak Microsoft. Jadi integrasi seperti ini hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang benar-benar mengerti tidak hanya strukture database saja, tetapi juga mengerti secara detail business role dari Microsoft CRM, tapi bukan di level system tetapi jauh di level database.

UI Integration
Integrasi ini merupakan integrasi yang paling mudah "dijual" karena user lebih mudah melihat daripada integrasi database yang lebih harus menjelaskan secara tehnikal.
Konsep dari UI Integration ini cendrung lebih banyak hanya berbentuk "Look-Up data". Hal ini juga bisa dilakukan antara aplikasi kita dengan Microsoft CRM maupun sebaliknya. Jika data yang kita ambil adalah data Microsoft CRM, kita diharapkan juga menggunakan Microsoft CRM SDK.

Other Integration
Selain integrasi dengan aplikasi lain baik di level database maupun UI, hal yang mungkin bisa dilakukan ialah integrasi dengan produk Microsoft atau non Microsoft lainnya maupun dengan hardware. Untuk integrasi dengan produk Microsoft lainnya seperti dengan Microsoft Office, Exchange dan lain sebagainya. Namun integrasi dengan hardware, merupakan suatu yang baru yang bisa dilakukan, seperti yang pernah saya lakukan yakni ialah dengan melakukan integrasi antara Microsoft CRM dengan aplikasi SMS (Short Message Service) dan Cisco IP Telephony System.

Integrasi-intergrasi yang ada saya bahas dalam artikel ini merupakan integrasi dasar yang mungkin bisa kita lakukan dari maupun ke Microsoft CRM. Hanya dengan sedikit kreatifitas, kita bisa melakukan lebih dari yang dibahas diatas.

Comments

kk, mintra aplikasinya donk..
Saya sedang bikin TA tentang pembangunan aplikasi CRM di rumah sakit.
Tolong ya Kk, kirim ke email saya kalo kk bersedia.

boy_unblock@yahoo.com

Posted by kungfinity at Friday, September 19, 2008 02:23:45

Aplikasinya bisa kamu download yg trial gratis di sini http://www.microsoft.com/dynamics/crm/default.mspx

Semoga berguna

Posted by Fransc at Friday, September 19, 2008 16:39:10

Add Comment

This item is closed, it's not possible to add new comments to it or to vote on it