Skip to main content.

Thursday, January 20, 2011

Here's what I found recently, I hope you can use this as reference.
The way of this new CRM form is different. It looks like that this form using "hidden" field, so when you change any value of each field. The OnChange event will fill this "hidden" field.

However it looks fine you use the CRM 4.0 Javascript style in CRM 2011, but when you save it, the value will not saved

Set Value
CRM 4.0
crmForm.all.Field.DataValue = 10;
CRM 2011
Xml.Page.getAttribute(“Field”).setValue(10);

GetValue
CRM 4.0
var x = crmForm.all.Field.DataValue;
CRM 2011
var x= Xml.Page.getAttribute(“Field”).getValue();

Hide Tab
CRM 4.0
crmForm.all.tab1Tab.style.display = “none”
CRM 2011
Xml.Page.ui.tabs.get(1).SetVisible(false);

Set IFrame Source
CRM 4.0
crmForm.all.IFRAME_frame.src= “http://www.any.com”;
CRM 2011
Xml.Page.getControl(“IFRAME_frame”).setSrc(“http://www.any.com”);

I hope this will be useful

Thursday, September 09, 2010

Akhirnya setelah menunggu sekian lama CRM versi 5 akhirnya keluar juga. Tampilannya dibuat mirip Office 2007 atau 2010, dibuat besar di menu toolbarnya.


Account di Dynamics CRM 2011 beta
Klik di sini untuk memperbesar


Walaupun versinya masih beta, tapi keliataannya sudah tidak lama lagi akan direlease karena ternyata versi beta ini sudah diterbitkan dengan 8 bahasa yang berbeda (English, French, German, Hebrew, Italian, Japanese, Spanish and Chinese). Suatu hal yang diluar kebiasaan Microsoft menghadirkan versi beta dengan 8 bahasa yang berbeda seperti ini.

Wednesday, January 21, 2009

Update Rollup 1 and 2 for Microsoft Dynamics CRM 4.0 direlease Microsoft terutama untuk memperbaiki bugs pada integrasi dengan Microsoft Outlook dan Microsoft Dynamics CRM 4.0 E-mail Router.

Untuk Update Rollup 1 ini bisa didownload di sini

Keterangannya bisa dibaca pada Microsoft Knowledge Base article: Update Rollup 2 for Microsoft Dynamics CRM 4.0 is available

Untuk Update Rollup 2 ini bisa didownload di sini

Keterangannya bisa dibaca pada Microsoft Knowledge Base article: Update Rollup 2 for Microsoft Dynamics CRM 4.0 is available

Semoga informasi ini berguna

Monday, January 08, 2007

AJAX yang awalnya dikenal sebagai salah satu kota di Belanda dan juga merupakan nama salah satu klub sepak bola terbesar di Belanda, kini makin dikenal lagi belakangan ini sebagai konsep pemrograman web 2.0.

Apa sich AJAX itu?
AJAX merupakan kependekan dari Asynchronous Javascript And XML. Dimana AJAX ini adalah konsepnya pemrograman web yang sebenarnya menggunakan technology yang sudah ada yakni Javascript dan XML. Bermodalkan Javascript dan XML ini dikemas sedemikan rupa memungkinkan kita membuat aplikasi web dimana tidak selalu melakukan post back setiap melakukan akses data di server. Dengan kondisi seperti ini, diharapkan user akan merasakan aplikasi web seperti aplikasi windows. Selain itu bandwidth yang digunakan juga akan semakin kecil karena lalu lintas yang gunakan tidak lagi banyak didominasi style dan gambar yang cendrung lebih ke UI (User Interface) tapi lalu lintas datalah yang lebih ditekankan.

Tuesday, September 05, 2006

Suatu kali ada keinginan untuk mengubah style attribute dari form Microsoft CRM yang standard.

Di bawah ini adalah contoh tampilan yang mungkin bisa anda ubah

 Tampilan yang bisa diubah
Tampilan yang bisa diubah

Saturday, September 02, 2006

Untuk menyelesaikan masalah atas bugs-bugs yang terdapat dalam Microsoft CRM, maka kini kita sudah dapat mendownload patch yang diharapkan sebagai solusi untuk masalah tersebut. Patch tersebut sudah ada dan siap didownload di sini.

Update dan hotfix ini sebenarnya tidak harus didownload semuanya tetapi disesuaikan dengan kebutuhan.

Saturday, August 26, 2006

Integration ini merupakan integration tingkat lanjut yang memungkinkan integrasi antara aplikasi kita dengan Microsoft CRM secara langsung tanpa pop up windows maupun postback. Walaupun data yang kita inginkan di-trigger user dari sisi client.
Dengan kata lain, bagaimana kita mengambil data/value dari aplikasi lain via server tanpa adanya postback atau refresh halaman web.

Integrasi ini merupakan integrasi yang tidak mudah, karena integrasi seperti ini dibutuhkan orang yang selain mempunyai kemampuan menguasai arsitektur MSCRM dan juga aplikasi yang sudah ada, konsep dari aplikasi web beserta scriptnya, web service dengan XML-nya dan juga mengerti untuk melakukan mapping data.

Berikut adalah yang perlu kita siapkan:
1. Tentukan sub modul yang akan dilakukan integrasi
2. Tentukan database dari aplikasi yang sudah ada
3. Buat mid-ware
4. Buat script-nya

Saturday, August 19, 2006

Integration ini merupakan integration antara aplikasi kita yang sudah ada dengan Microsoft CRM. Gunanya ialah dengan mengambil sebagian atau beberapa data dari aplikasi kita sebelumnya ke dalam Microsoft CRM melalui interface UI dengan mengunakan bantuan pop up windows.

Ini merupakan integrasi yang menurut saya yang paling mudah. Tetapi yang perlu diketahui bahwa kita harus sudah dimodali dengan Web application beserta dengan JavaScript, dan kemampuan melakukan configuration setting pada MSCRM

Berikut adalah yang perlu anda siapkan:
1. Tentukan sub modul yang akan dilakukan integrasi
2. Buat web page file
3. Ubah settingan pada file web.config
4. Tambahkan setting pada file isv.config.xml
5. Cek setting pada menu Security Roles

Thursday, August 17, 2006

Seperti yang pernah saya tulis pada beberapa artikel sebelumnya, satu hal yang sangat saya sukai dari Microsoft CRM, adalah memungkinkannya kita untuk melakukan integrasi.

Integrasi yang paling mungkin dapat kita lakukan adalah

  • Database Integration
  • UI Integration
  • Other Integration

Saturday, August 05, 2006

Setelah kita dapat menyembunyikan dan menampilkan kembali tab, sekarang kita akan mencoba untuk object field.

Mengetahui nama field
Untuk mengetahui nama field, anda dapat mengetahuinya pada field schema pada form designer

 

Schema merupakan nama dari field


Sunday, July 30, 2006

Dalam artikel kali ini saya akan coba menjelaskan bagaimana menyembunyikan tab dalam form Microsoft CRM 3.0. Mengapa saya tekankan versi 3.0? Karena perlu diketahui tehnik penyembunyian tab dan field pada versi 1.2 dan 3.0 agak berbeda.

Mengetahui nama Tab
Tab pada Microsoft CRM, digunakan nama tab dimulai dari tab0Tab. Jadi kita sudah bisa menghitung tab ke berapa yang akan kita sembunyikan atau kita tampilkan.

 

Tab pada sub-modul Opportunity

Saturday, July 29, 2006

Suatu kali ada keperluan dari seorang client yang ingin menyimpan file proposal yang ukurannya sekitar 7.5 Mb ke dalam attachment sub module Opportunity pada Microsoft CRM. Setelah sekian kali mencoba ternyata ia tidak dapat melakukannya. Error yang didapat adalah sebagai berikut
 

Error pada Microsoft Dynamic CRM


Ternyata masalahnya adalah keterbatasan Microsoft CRM untuk menyimpan file dengan ukuran diatas sekitar 5 Mb. Untuk mengatasi masalah ini, saya mempunyai solusi yang mungkin bisa dicoba, yaitu dengan mengubah registry windows pada server Microsoft CRM.

Saturday, July 22, 2006

Microsoft kembali me-release SDK (Software Development Kit) untuk Microsoft CRM versi 3.05.

 



Dalam SDK kali ini telah ditambahkan beberapa sample code baru yang tidak terdapat pada versi sebelumnya. Juga terdapat attribute detail dari semua entity yang ada. Juga sekitar 4000 topik yang diupdate dari versi sebelumnya.

Untuk yang ingin mendownload SDK yang berukuran 16Mb ini dapat mengklik di sini Microsoft CRM SDK 3.05
Jika pada Microsoft CRM versi 1.0 dan 1.2 mengharuskan untuk menginstall Microsoft Exchange, hal inilah yang merupakan salah satu penghambat berkembangnya Microsoft CRM. Oleh karena itu pada versi Microsoft CRM 3.0, Microsoft Exchange bukan lagi menjadi sebuah keharusan. Bahkan kita boleh saja menggunakan email engine apa saja asal mempunyai SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) yang merupakan standard protocol yang hampir semua email engine memilikinya.

Walaupun demikian ada satu feature dari Microsoft CRM 3.0 yang mungkin hilang jika tidak menggunakan Microsoft Exchange. Yakni kemungkinan integrasi untuk semua email yang masuk ke dalam Microsoft CRM, Namun kelemahan ini masih saja bisa diatasi dengan berbagai cara.

Microsoft sudah membuat dokumentasi tentang masalah ini, solusi apa yang mungkin bisa dilakukan jika pelanggan kita tidak menggunakan Microsoft Exchange.

Dokumennya bisa anda download di sini Microsoft CRM 3.0 without Microsoft Exchange

Tuesday, July 18, 2006


Steve Ballmer

Saat Microsoft membuka devisi Microsoft Business Solution yang focus menawarkan solusi aplikasi jadi, banyak vendor yang merasa ketar-ketir. Pasalnya Microsoft yang dahulu dikenal sebagai operating system dan framework supplier, kini bermain pula solusi dimana ini merupakan ladang yang biasa dimainkan para partner-nya.

Belum selesai ketar-ketir para partnernya, MS CEO Steve Ballmer saat menghadiri WWPC (Worldwide Partner Conference) menyatakan bahwa Microsoft Dynamics CRM Live akan dirilis tahun depan. Produk yang ber-code-name Titan ini bukanlah produk terbaru untuk menggantikan Microsoft CRM 3.0, tetapi produk ini merupakan produk service yang ditawarkan Microsoft untuk para perusahaan yang ingin mempunyai fasilitas CRM tetapi tidak/belum ingin memiliki aplikasi ini.